Kenali Cara Perawatan Mobil yang Tepat untuk Kendaraan Mobil Anda

Siapa yang tidak mengenal kendaraan yang bernama mobil? kendaraan roda empat yang saat ini pertumbuhannya di Indonesia sudah sangat cepat, bahkan bukan hanya di Jakarta namun di seluruh wilayah-wilayah Indonesia mobil sudah menjadi kendraan dan transportasi yang digunakan bagi sebagian orang. Banyak orang yang mau membeli mobil sebagai kendaraan pribadi dikarenakan untuk menghindari panas, ataupun untuk bisa membawa penumpang dalam jumlah yang banyak. Dan tentu saja di dalam mobil bisa lebih sedikit bersantai sejenak karena mobil telah dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap di bandingankan dengan kendaraan motor.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, hampir setiap hari melakukan aktivitas pergi ke kantor tentu akan sering melihat mobil dan motor yang belalu lalang di jalanan. Apalagi bila sering digunakan dalam perjalanan jauh, dan di tambah lagi dengan berbagai debu dan kotoran yang bisa menempel pada mobil akan membuat mobil menjadi kusam bahkan apabila menempel di mesin akan menyebabkan kerusakan. Tentu harus dilakukan perawatan yang tepat agar kondisi mobil tetap dalam kondisi yang baik.

1. Periksa Selalu Ban Kendaraan Anda

Hal yang paling utama Anda perhatikan Adalah bagian ban dari kendaraan Anda. Bagian ini merupakan bagian yang sangat vital untuk sebuah kendaraan. Karena apabila terjadi kerusakan dan anda tidak menyadari-nya, maka hal ini sangat berbahaya. Dan apabila ban sudah mulai menipis ada baik-nya segera ganti dengan ban baru. Ingat keselamatan lebih penting daripada uang.

2. Lakukan Perawatan Mesin Secara Berkala

Hal penting yang harus diperhatikan selain ban mobil adalah memelihara dan merawat mesin, Kemudian pastikan juga level oli dan cairan mesin mobil Anda. Semakin sering anda menggunakan mobil anda untuk perjalanan jauh ataupun dekat, tentu saja setiap mesin yang ada dalam mobil juga terintegrasi sehingga untuk memastikan bahwa setiap mesin berada dalam kondisi yang baikadalah hal yang harus diutamakan.

3. Berhati-Hati pada Bagian Elektrikal

Anda harus sedikit berhati-hati jika ingin melakukan perbaikan pada bagian ini. Pastikan lebih dulu aliran listrik aki kendaraan Anda telah terputus jika tidak tentu saja bisa terjadi korsleting atau hubungan jangka pendek yang mungkin saja bisa terjadi. Apabila anda masih belum mengetahui seluk beluk berbagai bagian elektrikal yang ada dalam mesin mobil sebaiknya minta bantuan tetangga, saudara atau teman dekat yang mengerti tentang mobil untuk membantu anda.

4. Perhatikan Warning Lights, Lampu dan Rem Mobil Anda

Bagian yang satu ini juga sangat penting untuk dirawat, yaitu lampu pada warning light di bagian dasbor mobil sangat membantu anda dalam mengetahui keadaan mesin. aki, bensin, dan panasnya mesin bisa terindikasi di sana. Pastikan semua menyala dengan benar sesuai dengan kegunaan masing-masing. Jangan lupa untuk memastikan bahwa lampu sen, lampu utama masih tetap menyala terang, apabila sudah tidak terang lebih baik diganti saja, karena itu membantu melihat dalam gelap. Dan tentu saja rem mobil sebaiknya juga anda periksa untuk membantu anda mengemudi dengan aman dan nyaman. Dengan melakukan perawatan pada bagian-bagian tersebut di atas, sudah bisa dipastikan kendaraan mobil Anda akan selalu prima, enak untuk digunakan dan awet selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *